5 Cara Nyari Ide Bisnis


Setiap kali saya mengajar dikelas bisnis, banyak yang menanyakan bagaimana mencari ide usaha yang cesspleng. Kalau mendengar pertanyaan itu saya hanya tersenyum dan mengatakan caranya gampang ” tulis semua ide bisnis yang terpikirkan oleh kita, kemudian gulung kecil-kecil, masukkan botol, terus kocok dan ambil salah satu kertas. Ta daaammmm…….itulah ide bisnis yang cess pleng, hehehe”.  Semua ide bisnis itu cesspleng, bisa buat pengusahanya jadi jutawan.  Nah tinggal kita yang harus berani ambil keputusan memilih satu ide bisnis diantara sekian banyak ide bisnis yang ada. Buat anda yang masih bingung mencari ide bisnis, kali ini kami bagikan tips 5 cara nyari ide bisnis :

 

  1. Dari Hoby.  paling nikmat ngerjain hobyy enggak bayar malah dibayarin, caranya ya dibuat usaha. Apapun hoby anda bisa jadi usaha, misal hoby ngoleksi tas buka usaha jualan tas online, hoby main game buka usaha Persewaan Game, hoby mancing buka toko pancing dsb.
  2. Dari keahlian yang dimiliki. Jika punya keahlian tertentu bisa dibuat usaha yang menghasilkan. Contoh ; pinter ngomong bisa buka usaha training, pinter renang bisa buka usaha les renang, pinter perbaikin mesin buka usaha bengkel.
  3. Dari masalah orang lain. Ini hebatnya pengusaha bisa merubah masalah jadi peluang.  Misal : Jika disekitar anda banyak keluarga yang suami istri bekerja maka mereka  butuh katering untuk makan , butuh jasa antar jemput anak-anaknya sekolah dsb.
  4. Dari keahlian orang lain. Banyak orang punya keahlian tertentu tapi tidak tahu cara menjual keahliannya. Nah peluang buat kita untuk kerjasama bantu jualin, jadi usaha deh.
  5. 5.NYONTEK ide usaha yang sdh sukses. Kalau sdh bingung  dan mentok, diperbolehkan “NYONTEK” alias mengamati  dan meniru ide usaha yang sdh sukses.