Dahsyatnya peduli

SAHABAT, jika saat ini anda termasuk orang yang cuek dan tidak perduli dengan masalah orang lain disekitar anda dengan alasan “itu kan bukan urusan saya”. Sebaiknya anda menyimak cerita penuh hikmah berikut ini :

Disebuah desa tinggallah seorang petani dengan istrinya, mereka sdh berusia lanjut. karena merasa risih dengan seekor tikus yang berkeliaran dirumah mereka, dipasanglah beberapa perangkap tikus untuk menjebaknya. Melihat nyawanya terancam, sang tikus kemudian meminta bantuan ke binatang lain disekitar rumah petani. Sang Tikuspun mendekati ayam dan sapi peliharaan petani untuk meminta bantuan, sambil sedikit sinis sang ayam dan sapi menolaknya sambil mengatakan “sorry aku enggak bisa bantu, lagian itu bukan urusanku, pergi sana cari sendiri jalan keluarnya”.

Malam harinya, ada seekor ular yang kelaparan masuk kerumah petani, tidak sengaja sang ular mengenai perangkap tikus yang dipasang. karena kesakitan, ia pun menggeliat dan menjatuhkan barang2 disekitarnya. Mendengar suara gaduh, istri petani terbangun menuju asal suara gaduh tsb. karena panik dan merasa terancam, sang ular langsung mematuk istri petani. Melihat ada ular, sang petani langsung mengambil senapan dan menembak ular hingga mati. beberapa hari setelah digigit ular, sang istri petani demam. untuk mengobatinya maka dibuatlah sop ayam dengan menyembelih ayam peliharaannya.

satu bulan kemudian karena kondisi sang istri semakin memburuk, dan akhirnya meninggal dunia. karena membutuhkan sajian untuk selamatan kematian istrinya, sang petanipun menyembelih sapi peliharaannya.

SAHABAT ,  seringkali kita merasa tidak perduli dengan kejadian atau cobaan yang menimpa orang lain, dengan dalih “itu bukan urusan saya dan toh bukan saya juga yang mengalaminya”. Hati-hati sahabat bisa jadi dengan ketidakperdulian kita, masalah itu malah berbalik terkena kita sendiri.

so, mulai sekarang yuk buka mata, telinga dan tangan kita lebar2 untuk perduli dan mencoba membantu semaksimal kemampuan kita jika ada teman kerja, keluarga dan lingkungan kita yang sedang mengalami masalah.

 

 Asnando Danu
AKSI Publishing