Rahasia Nyari Ide Usaha Yang Gue Banget

Semua ide bisnis itu baik dan halal untuk “menyontek” ide bisnis para pendahulu kita yang sudah sukses (mudah-mudahan kita segera nyusul ya!!).   Yang paling keren karena kita anak muda usahanya nggak boleh jauh-jauh dari dunia anak muda. Soalnya yang paling kita kuasai kan keinginan dan kebutuhan dunia anak muda. Lebih bagus lagi kalau kita nyari lokasi di tempatnya anak muda beraktivitas , misal : dikampus,  sekolah ataupun pusat keramaian. 

Manfaatkan Hobi kita 

Ini adalah bisnis paling nikmat dan menyenangkan , kebayangkan sudah jalanin hobi kita yang nyenengin dan mengasikkan menghasilkan lagi, weleh…weleh mantap tenan. 

1. Hobi nonton film, Buka rental VCD / DVD.  Setelah capek sekolah / kuliah seharian paling enak refreshing, yang mantap ya nonton film terbaru. Tapi karena duit pas-pasan, kiriman dari bank “ortu” belum pada datang so para orang muda biasanya milih nonton VCD yang murah meriah daripada ke bioskop.

2. Hobi jalan-jalan, buka bisnis kurir, antar jemput, Guide wisatawan.  Punya kendaraan yang diamanahi ortu atau warisan simbah ???  selama ini kebanyakan nganggur atau malah ngabisin anggaran bulanan karena kudu beli bensin atau service rutin. Saatnya kendaraan diubah jadi mesin pencetak uang. Gimana caranya ?? ya buka usaha kurir atau bahasa kerennya ekspedisi. Saat ini banyak ekspedisi besar yang memilih menggandeng ekspedisi local sebagai rekanan untuk efisiensi, nah kita masuk saja sebagai rekanan. Atau yang paling simple survey saja teman – teman satu sekolah atau kampus yang butuh jasa pengiriman barang atau surat dalam kota bisa pakai jasa kita. Alternatif lain, cari anak tetangga atau anak guru / dosen  kita yang kebingungan anter jemput anaknya ke sekolah, langsung tawarin jasa kita. Alternatif terakhir jadi Guide wisatawan , kalau bahasa asing kita OK bolehlah nerima wisatawan asing (feenya lebih gede, soalnya pakai dolar biasanya), kalau Cuma nguasai 2 bahasa, bahasa Indonesia sama daerah ngelayanin wisatawan mancanegara juga sudah keren.

3. Hobi makan, buka bisnis warung makan..”Loh mas, bukannya yang hobi masak yang buka bisnis warung kok malah yang hobi makan”. Yap, untuk anak muda yang mau bisnis warung makan memang disaranin yang hobi makan, karena radar sensitifitas makanan enak atau tidak lebih tinggi karena seringnya makan diberbagai tempat n tahu betul selera anak muda. “trus yang masak nanti siapa mas????” wah gitu aja kok repot… tinggal rekrut crew yang bisa masak selesai perkara… Yang membuat bisnis warung makan ini selalu menarik dan prospek karena makan tuh kebutuhan pokok manusia termasuk anak muda.

4. Hobi main Games, buka rental PS atau game online.  Salah satu sarana hiburan segala usia terutama anak muda ya main games ini enggak perduli anak sekolahan maupun anak kuliahan semua doyan main games, gawatnya games ini mengandung zat addictive / nikotin yang bisa buat orang ketagihan. 

Memanfaatkan keahlian / skill

Pernah punya pengalaman ngerjain satu aktivitas, selalu dapat hasil baik dan selalu dijadikan “jago” atau andalan temen  untuk ngerjainnya pas kerja bareng. Misalkan pas kerja kelompok, terus sesi presentasi selalu diserahin teman-teman satu kelompok  tuk presentasi hasil kerja. Nah itu namanya keahlian / skill ngomong didepan orang banyak yang kita miliki (bahasa kerennya : public speaking). 

Berita gembiranya keahlian kita ini bisa jadi usaha, wuih seru ya..

1. Skill mengGambar, buka usaha desain Grafis.  Perusahaan-perusahaan kelas nasional sekarang lagi gencar-gencarnya bangun  citra perusahaan lewat tampilan grafis ( media iklan yang memadukan tatanan gambar dan kata-kata). Kalo kita cukup PeDe masukin aja penawaran kita ke sana. Kalo belum PeDe, masih ada kawan-kawan UKM yang punya hasrat yang sama tentang desain grafis, yang pasti feenya belum bisa sebesar perusahaan besar tapi insya Allah cukup besar. Kalo masih belum PeDe lagi, “tembak” saja  Organisasi-organisasi di sekolah atau dikampus kita sebagi klien, walaupun pakai harga “kawan” tapi bagus banget untuk ngumpulin porto folio didepan.

2. Skill Menulis dan membaca, Jadi Penulis buku, artikel atau penerbit. Mau berbisnis menghasilkan sekaligus dapet pahala amal jariyah ( pahala yang ngalir terus walaupun kita sudah meninggal) ??? Ya jadi penulis salah satunya. Karena dengan menulis (asal yang ditulis adalah ilmu yang bermanfaat, seperti buku ini misalkan, he3x) kita berbagi ilmu dengan orang lain, jika diterapin  dan membawa manfaat akan mendatangkan pahala baik bagi yang pelaku maupun yang membagi ilmunya (sang penulis). Terus jika bukunya disukai kemudian jadi best seller ( semoga buku ini juga termasuk, Amien ya Allah) sang penulis juga dapat royalty artinya rejekinya nambah. Alternatif yang lain jadi penulis artikel di Koran harian, majalah mingguan ataupun bulanan. Alternatif berikutnya jadi penerbit, tugasnya ngumpulin penulis-penulis muda yang berbakat tapi belum ada link ke penerbit besar, kita bantu ngatur nyetaknya dan yebarin ke toko-toko buku untuk dijual. Jika Ada yang terjual sang penerbit juga dapet bagian. Ayo… bareng-bareng cerdaskan bangsa.

3. skill Berbicara didepan public , Buka usaha Lembaga training.  Saat ini semua sekolah dan kampus lagi giat-giatnya nambah soft skill terutama di motivasi aktivitas harian  buat siswa dan mahasiswanya. Tinggal divariasikan materi apa yang mau diberikan, tentang motivasi belajarkah, mungkin yang berhubungan dengan spiritual atau tentang semangat jadi entrepenuer, semua peluang masih  terbuka lebar mengingat jumlah pengguna jasa training begitu banyaknya sedangkan  vendor penyedia jasa masih bisa dihitung dengan jari disetiap kota. 

4. Skil Ketik Cepat, Buka usaha jasa ketik kilat,  Semua tugas anak sekolah n kuliahan pasti diketik computer. Karena jenis tugas yang buanyak banget dan waktu pengumpulan  yang mepet diperlukan kemampuan extra untuk ngetik cepat, biasa disebut skill ketik 10 jari. Nah jaman gene juarang sekali yang nguasai skill ini, bahkan mereka tidak sempat ngetik sendiri karena harus membagi waktu dan tenaga untuk ngerjain tugas yang lain, jadi alternative akhirnya nyari jasa pengetikan yang cepat, mantapnya mereka mau bayar lebih karena keterdesakan waktu.

5. Skill Berbahasa Asing, Buka usaha jasa terjemahan bahasa asing. Bahasa asing bagi sebagian besar anak muda momok yang menakutkan. Nyatanya sekolah n kuliah jaman sekarang enggak bisa lepas dari bahasa asing, hamper semua buku-buku referensi yang dipakai make bahasa asing terutama inggris. Bahkan ada yang harus mengumpulkan tugas dalam bahasa asing. Nah ini nih peluang buat kita-kita yang doyan belajar bahasa asing untuk nawarin jasa translate bahasa asing ke indonesia atau sebaliknya.

6. Skill ngutak-atik computer, Buka usaha service dan perakitan computer. Semua orang muda familiar make’ computer, sebagian besar bahkan punya sendiri computer. Tapi tidak semua orang bahkan sedikit banget yang paham seluk-beluk dalamnya computer, akibatnya pas computer kesayangan tiba-tiba nge-heng mendadak bingung. Nah saatnya kita datang sebagai pahlawan yang memperbaiki komputernya, efeknya pasti dibayar.

7. Skill pinter mata pelajaran/ mata kuliah, buka usaha les privat. Tidak semua anak sekolah atau kuliahan langsung “donk” pas diajarin guru/dosen dikelas.  Mereka butuh waktu mengulang dan mengingat kembali pelajaran yang diajarkan. Untuk efektifnya mereka butuh orang lain yang lebih intens dan enak komunikasinya sebagai pendamping atau bahasa kerennya guru les. Bagi kita yang merasa diberi kelebihan oleh Allah daya tangkap dan daya ingat serta kesabaran dalam menyampaikan materi sekolahan atau kuliahan segera ambil kesempatan ini. 

Manfaatin  “orang lain”…. 

“Tapi mas nando, saya ini nggak punya hobi yang menonjol, apa lagi skill?? Wah standart banget skill saya, terus saya bisnis apa ya????”  Jangan bersedih sobat, jika ada kemauan pasti ada jalan. Kenyataan dilapangan jika mau berbisnis harus ada yang bisa jualan. Nah walaupun kita nggak punya hobi yang langka n nggak punya skill yang menonjol tapi kita mahir “jualan” selesailah sudah masalahnya. Kita tinggal nyari orang yang punya modal hobi ataupun skill menonjol untuk jadi rekanan usaha, tinggal perjanjian keuntungannya berapa persen. 

Manfaatin “masalah orang lain”….. 

Umumnya masalah bagi orang lain harus dihindari, bagi kita yang pengusaha justri harus nyari masalah orang lain untuk dibantu cariin solusi, soalnya dibalik masalah pasti ada peluang usaha. Karena itu mulai sekarang hunting masalah orang lain. Tapi ngomong-ngomong masalah anak muda  apa saja yang bisa dijadiin peluang usaha ? Masalah baju kotor , buka usaha laundry. Nyuci baju termasuk aktivitas yang memakan waktu lama, belum lagi biaya yang dikeluarkan kalau mau pakai mesin cuci sendiri, kebayang deh ribetnya buat anak muda dengan seabrek aktivitasnya. Solusi praktisnya, ya minta dicuciin jasa pencucian. Kalau kita punya modal cukup untuk beli mesin cuci sendiri itu