Sariawan Kehidupan

Sariawan Kehidupan

Beberapa waktu yang lalu, ada saudara saya yang sakit sariawan. Iya sariawan, penyakit yang tergolong “sederhana” karena disebabkan munculnya bintil kecil didalam mulut. Letaknya bisa sekitar lidah bahkan didinding pipi bagian dalam.

Efeknya sangat menyiksa saudara saya, terutama ketika makan. Makan yang seharusnya sangat menyenangkan bahkan ditunggu – tunggu. Namun karena sariawan apapun jenis makanannya, entah yang harganya ribuan sampai yang ratusan ribu terasa sangat menyakitkan dan menyengsarakan. Semua makanan terasa “Mak nyoss” karena nyerinya minta ampun.

Sahabat, dalam kehidupan sehari – hari kita juga sering mengalami “sariawan” dalam kehidupan. “Sariawan” dalam hidup dipastikan muncul apabila kita mengalami sakit SMS , apa itu, Susah Melihat orang lain Senang dan Senang Melihat orang lain Susah. Ketika ada rekan kerja yang naik jabatan, kita yang stress menganalisa dengan jutaan analisa negatif. Ketika ada tetangga yang mendapatkan kesuksessan, kita sibuk memusingkan untuk mencari penyebab negatif yang tidak logis. (Misalnya: Pakai magi, babi ngepet dan tuyul).

Sahabat, obat yang baik untuk menyembuhkan “sariawan” kehidupan dapat dilakukan dengan cara selalu menyibukkan diri untuk mengevaluasi kondisi kita bukannya malah sibuk menilai orang lain. Yang kedua yakinlah bahwa rejeki sudah diatu oleh Tuhan dan tidak mungkin tertukar.  Dan  yang ketiga pergunakanlah Hukum Alam yang  berlaku bagi semua makhluk Tuhan, barang siapa yang menanam dia pasti akan menuai, barang siapa yang meyakini dan memperjuangkan cita – citanya dengan sungguh – sungguh maka ia akan memperolehnya.

 

Salam,

Coach Asnando Danu


Edited by Harold F. Haryono