Yang Pasti – Pasti Saja

Yang Pasti – Pasti Saja

yang pasti - pasti saja

Didalam beberapa kelas training usaha saya banyak yang menanyakan resep yang jitu agar customer kembali bertransaksi atau bahasa kerennya repeat order bukan malah kapok order. Kala itu saya sering menjawab melayani dengan hati adalah kuncinya. Sebagus apapun kualitas barang kita dan semenarik apapun harga yang ditawarkan tapi kalau tidak diberikan pelayanan yang ciamik customer akan lari , hasilnya kapok order dan berpindah ke vendor yang lain. Namun ada satu pengalaman pribadi yang membuat saya harus menambahkan satu resep lagi selain melayani dengan hati.

Beberapa waktu ini, karena kami baru pindah rumah maka urusan cuci mencuci kita serahkan ke ahlinya yaitu laundry. Selain ingin memakmurkan kawan – kawan pelaku UKM, juga ternyata lebih efisien. Pertama kali kami jatuh cinta dengan laundry yang dikelola oleh seorang ibu, pelayanannya dahsyat, ramah, selalu menyebut nama setiap kliennya, hasil cuciannya bersih dan rapi dan yang paling penting harganya juga ramah dikantong. Perpaduan yang sangat bagus.  Sebulan – dua  bulan kami menjadi pelanggan setianya.

Masuk ke bulan ketiga, mulai timbul perbedaan outlet laundry sang ibu kadang buka – kadang tutup tanpa pemberitahuan sebelumnya. Ketika ditanya alasan tutup, ternyata ada saja alasan keperluan yang dimilikinya. Karena tidak bisa mendapatkan kepastian jam buka–tutupnya, akhirnya saya mencoba laundry yang tidak jauh dari sana. Secara pelayanan standart, kebersihan dan kerapihan hasil cucian standart tapi hebatnya mereka berani jamin mereka buka setiap hari tanpa libur. Bahkan mereka berjanji jika ketahuan tutup satu hari saja mereka bersedia mencucikan baju secara gratis. Luar biasanya hingga sekarang kami menjadi pelanggan tetap laundry yang baru dan usut punya usut ternyata banyak pelanggan yang seperti kami, mereka berpindah ke laundry ini karena faktor jaminan “KEPASTIAN”

So, sahabat mulai sekarang jika anda punya usaha dan ingin customer Anda “Repeat order” terus sehingga jadi pelanggan yang loyal dan menarik pelanggan baru , mulailah menciptakan nilai “kepastian” di benak customer kita.  Kepastian jam buka, kepastian tersedianya produk atau jasa, kepastian kualitas yang sama dan tentunya kepastian pelanggan mendapatkan kepuasan.

 

Salam,

Asnando Danu


Edited by Harold F. Haryono